singalang mountain

Minggu, 11 November 2012

Perakaran



Pengamatan teliti akar-akar tanaman dalam hubungannya dengan morfologi tanah diperlukan sebagai dasar peramalan cocok tidaknya jenis tanaman terhadap jenis tanah dan dalamnya akar menembus tanah. Banyaknya akar tergantung pada keadaan air, udara dan unsur hara dalam horizon tanah itu. Horizon-horizon tertentu tidak dapat ditembus akar tanaman. Biasanya akar tidak dapat menembus padas dan batuan induk kecuali pecah atau retak.
contoh perakaran yang menembus batuan induk Sebagian besar akar tanaman terdapat pada horizon paling atas, karena disitu umumnya paling banyak unsur hara yang telah tersedia. Makin dalam makin kurang jumlahnya. Pada umumnya akar rumput-rumputan hampir seluruhnya terdapat dibagian atas. Akar-akar hutan juga terkumpul di horizon paling atas. Beberapa akar pohon dapat menembus sampai dalam, makin ke dalam volume akar makin berkurang. Dalamnya sangat tergantung pada jenis tanah dan jenis tanaman.Pada umumnya pohon berdaun jarum, sebagian akarnya lebih dangkalan daripada akar-akar tanaman yang berkayu keras.


Akar tumbuh-tumbuhan mempunyai hubungan penting dengan struktur tanah. Akar yang mati meninggalkan zat makanan bagi jasad-jasad renik (mikro-organisme) yang berfungsi untuk mempertahankan struktur tanah yang baik. Pohon-pohonan yang ditiup oleh angin juga menyebabkan akar turut bergerak, hal ini menyebakan tanah bertambah gumpal. Jika pohon-pohonan dirombak sama sekali dan digantikan dengan tanaman yang mempunyai perakaran pendek, lama-kelamaan tanah menjadi mapat (pejal) sehingga tanah menjadi impermiabel (sukar dilalui air) dan drainase menjadi jelek. Pengamatan perakaran dalam profil tanah berupa membandingkan jumlah perakaran yang ada dalam suatu horizon, dengan luas horizon yang nampak dalam profil tanah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar