singalang mountain

Sabtu, 03 Agustus 2013

Northern Territory ( Australia bagian Utata )

1  Letak, Luas dan Batas
            Northern Territory (NT) adalah wilayah federal yang terletak pada  Koordinat : 20 ° 0'BB s/d 133 ° 0'BT tepatnya di pusat dan wilayah utara tengah Australia dengan ibukota Negara  Darwin. Wilayah ini  berbatasan  dengan  Australia bagian Barat, kemudian disebelah  selatan berbatasan dengan  Australia bagian Selatan, dan berbatasan dengan Queensland di bagian timur. Sedangkan di sebelah utara, wilayahnya juga berbatasan dengan Laut Timor, Laut Arafuru dan Teluk Carpentaria.
Meskipun wilayahnya yang  besar dengan luas daerah lebih dari 1.349.129 Km2 . Sehingga negara ini tergolong dalam 3 besar wilayah  Australia Federal divisi yang  jarang penduduknya. Dengan jumlah penduduk  233.300  jiwa dan yang paling padat penduduknya dari delapan negara utama Australia dan wilayah. Populasi tidak terkonsentrasi di wilayah pesisir melainkan di sepanjang Jalan Raya Stuart. Permukiman utama lainnya adalah Palmerston, Alice Springs, Katherine, Nhulunbuy, dan Tennant Creek. Warga Northern Territory sering dikenal hanya sebagai 'Teritori', atau lebih informal sebagai 'Enders Top' dan 'Centralians'.                                                                                    

2. Fisiografis
2.1. Iklim

Northern Territory memiliki dua zona iklim yang berbeda. Ujung utara, termasuk Darwin, memiliki iklim tropis dengan kelembaban tinggi dan dua musim, yakni bulan basah yang berlangsung  dari November hingga April dan musim kemarau dari Mei sampai Oktober. Selama musim kemarau hampir setiap hari hangat dan cerah, dan sore kelembaban rata-rata sekitar 30%. Karena  curah hujan sangat sedikit antara bulan Mei dan September. Pada suhu  paling dingin berlangsung pada bulan  Juni dan Juli, suhu minimum harian dapat mencelupkan serendah 14 ° C (57 ° F), tapi sangat jarang lebih rendah. Musim hujan dikaitkan dengan siklon tropis dan musim hujan.

Mayoritas curah hujan terjadi antara bulan Desember dan Maret (belahan bumi selatan terjadi musim panas), ketika badai yang umum dan sore rata-rata kelembaban relatif lebih dari 70% selama bulan-bulan terbasah. Rata-rata lebih dari 1.570 mm curah hujan jatuh di utara. Curah hujan tertinggi di utara wilayah pesisir barat, di mana rata-rata curah hujan dari 1,800-2,100 mm. Wilayah tengah adalah pusat gurun negara, yang meliputi Alice Springs dan Ayers Rock, dan semi-kering dengan sedikit hujan biasanya jatuh selama bulan-bulan terpanas dari Oktober sampai Maret. Australia Tengah menerima kurang dari 250 mm curah hujan per tahun. Suhu tertinggi yang tercatat di wilayah ini adalah 48,3 ° C (118,9 ° F) yang terjadi di Finke pada tanggal 1 dan 2 Januari 1960. Suhu terendah adalah -7.5 ° C (18,5 ° F) di Alice Springs pada 12 Juli 1976.

Suhu  rata-rata perbulan berdasarkan badan meteorologi:
NO
BULAN
SUHU (OC)
1.
Januari
31,8°C 36,3 ° C
2.
Februari
31,4°C 35,1 ° C
3.
Maret              
31,9° C 32,7 ° C
4.
April   
32,7 ° C 28,2 ° C
5.
Mei     
32.0 ° C 23.0 ° C
6.
Juni     
30,6 ° C 19,8 ° C
7.
Juli      
30,5 ° C 19,7 ° C
8.
Agustus
31.3 ° C 22.6 ° C
9.
September
32,5 ° C 27,1 ° C
10.
Oktober          
33.2 ° C 30,9 ° C
11.
November
33.2 ° C 33.7 ° C
12.
Desember       
33,6 ° C 35,4 ° C

2.2. Bentang Alam

The Arnhem Land Plateau merupakan dataran tinggi berbatu kuno yang terdiri atas plato-plato dan gundukan tanah keras dan  pegunungan  dengan  gunung tertinggi yaitu Gunung  Zeil dengan ketinggian 1.531 m dan juga terdapat ngarai. Ngarai yang paling terkenal adalah rantai jurang terpisah tiga belas diciptakan oleh Sungai Katherine. Dataran tinggi adalah bagian dari jembatan tanah di mana Aborigin datang ke Australia lebih dari 40.000 tahun yang lalu. Di tepi barat Arnhem Land terletak 6000 km persegi Taman Nasional Kakadu. Kemudian dengan suhu  ekstrem yang tandus di Selatan Katherine terdapat Gurun Tanami yang membentang lebih ke Australia Barat. Gurun Simpson bukit mengalir di atas ke Queensland dan Australia Selatan. Sebagian besar Outback tersisa mulga dan spinifex semi-gurun. Selain itu  Ada serangkaian luas sistem sungai di Northern Territory. Sungai-sungai ini meliputi:S. Alligator, S.Daly, S.Finke, S.McArthur, S.Roper, S. Todd dan S.Victoria .


 2.3. Flora dan Fauna
·         Flora
Meskipun sekitar  80%  NT termasuk daerah tropis, hanya 25% sebelah utara saja  yang dikenal sebagai Top End  yang mempunyai karakteristik yang mirip dengan pengertian umum suatu iklim tropis. Wilayah ini terdiri dari padang rumput dan hutan kayu, serta beberapa kantung-kantung hutan tropis  sedangkan di timur laut, dataran tinggi Arnhem Land muncul tiba-tiba dari dataran rendah tersebut, terus berlanjut ke Teluk Carpentaria.
 Sebagian besar dari 75% Teritori sebelah selatan terdiri dari padang pasir atau dataran setengah-gersang yang ditumbuhi oleh stepa dan semak belukar serta sederetan tumbuhan kaktus dengan bunga yang khas seperti mawar gurun atau Desert Rose Sturt (Gossypium sturtianum).

·         Fauna

Fauna khas dan terkenal di wilayah ini tergolong sama dengan kawasan Negara bagian Australia yang lain seperti kangguru yang terdapat didaerah  yang suhu udaranya tergolong panas , hanya saja spesiesnya berbeda yang dikenal dengan Red Kangaroo (Macropus rufus) atau kangguru merah dan jenis hewan berkantung lainnya. Disamping itu diwilayah ini juga terdapat jenis burung yang dikenal dengan Wedge tailed (Aquila audax) atau  burung elang dengan corak warna hitam,putih dan abu-abu yang khas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar