singalang mountain

Kamis, 28 Februari 2013

Pengertian Gunungapi (Volcanoes)


Kata volcano berasal dari dewa api bangsa Romawi, dewa Vulcan, dan dibayangkan sebagai lairan lava. Dan ada yang mengatakan istilahnya berasal dari kata latin vulkanismus yaitu nama dari sebuah pulau yang legendaries. Dalam bahasa inggris volcanology berasal dari Volcano berarti gunungapi dan logy berasal dari kata logos yang berarti ilmu pengetahuan.
Gunungapi adalah tempat atau lobang diatas permukaan bumi dimana dari padanya di keluarkan bahan atau batuan yang pijar atau gas yang berasal dari bagian dalam bumi ke permukaan yang kemudian produknya akan disusun yang akan membentuk sebuah kerucut atau gunung (Noor, 2011:141).
Gunungapi (volcanoes) yaitu gundukan atau kerucut yang tersusun dari batuan beku lelehan atau bahan volkanis lepas atau kalstis (Dipyosaputro, 1998:32).
Menurut Macdonald dalam Bronto volcano is both the place or opening from wich molten rock or gas, and generally both, issues from the erths interior onto the surface and the hill or mountain build up around  the opening by accumulation of the rock material. 

Definisi ini di terjemahkan secara bebas ke dalam bahasa Indonesia menjadi gunungapi adalah tempat atau bukaan darimana batuan kental  pijar atau gas dan umumnya keduanya dari dalam bumi ke permukaan, dan bahan batuan yang mengumpul di sekeliling bukaan itu membentuk bukit atau gunung .
Menurut penulis definisi gunungapi adalah adalah tempat atau lobang diatas permukaan bumi dimana dari padanya di keluarkan bahan atau batuan yang pijar atau gas yang berasal dari bagian dalam bumi ke permukaan yang kemudian produknya akan disusun yang akan membentuk sebuah kerucut atau gunung yang di kemukakan oleh Noor, karena dalam definisi ini ia lebih memandang dari berbagai sudut pandang ilmu dan lebih rinci serta fleksibel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar