singalang mountain

Kamis, 14 Maret 2013

Geografi Regional Libanon


LIBANON

Libanon bermula dari zaman fenesia ketika negeri ini baru mencakup beberapa kota, pada tanggal 26 november libanon merdeka dari tangan perancis. Libanon terletak di tepi laut tengah di asia baratdaya, dengan ibukota Beirut, luas negara libanon 10.230 km². sebelah utara dan timur berbatasan dengan suriah, sebelah selatan dengan Israel dan sebelah barat berbatasan dengan laut tengah.
A.    Fisiografi
Wilayah libanon di dominasi oleh pegunungan. Lereng-lereng pegunungan libanon tertutup hutan lebat, sedangkan puncak-puncaknya tertutup salju dari desember hingga juni. Pegunungan libanon dan dari anti libanon terbentuk terutama dari batu kapur yang melipat ke atas pada zaman tersier. Banyaknya unsur batu kapur menimbulkan sistem air bawah tanah sangat kompleks dengan banyak mata air besar yang mengeluarkan air tawar sepanjang tahun.
Puncak tertinggi libanon terletak di bagian utara, dekat al-hirnil dan bsharri, antara pegunungan libanon dan anti libanon terletak lembah bekaa. Dua sungai utama di libanon, yakni sungai litani dan sungai orontes,yang bersumber dari lembah bekaa.
B.     Iklim
Libanon beriklim laut tengah yang khas dengan musim dingin yang sangat lembut sepanjang pantai dan musim panas yang sangat panas. Di daerah pegunungan ini hujan dalam bulan desember hingga maret turun terutama dalam bentuk salju di atas ketinggian 1.200 m
.
Daerah pantai lembab dalam musim panas meskipun suhu pada siang hari biasanya hanya berkisar dari 30°C sampai 35° C. Daerah pegunungan biasanya sejuk dan cerah sehingga banyak mempunyai tempat wisata.
C.    Flora dan Fauna
Dulu libanon memiliki hutan lebat, tetapi sekarang banyak kawasan yang telah gundul. Tinggal beberapa kawasan yang tertutup hutan cedar hanya di atas ketinggian 1.500 m. Di bagian bawahnya terdapat hutan yang luas dengan pohon ek dan pinus aleppo, juga terdapt hutan buatan dengan pinus maritim dekat pesisir.
Di daerah pedalaman masih hidup serigala dan beruang. Di negeri ini juga hidup sebagian besar dari jenis burung migrasi Eropa.
D.    Penduduk
Penduduk libanon di perkirakan hampir mencapai 3 juta jiwa, kawasan yang paling besar penduduknya adalah daerah pantai. Orang libanon tampak berbeda-beda karena selama berabad-abad negara ini menjadi semacam tempat pelarian berbagai sekte dan golongan.
Bahasa resmi libanon adalah bahasa arab, tetapi bahasa inggris dan bahasa perancis juga banyak di gunakan dan di ajarkan di sekolah-sekolah. Agama di negara ini tidak ada agama negara, ada dua kelompok agama terbesar yaitu islam dan kristen, umat islam yang dahulu merupakan minoritas dibandingkan umat kristen kini sudah menjadi mayoritas.

E.     Pemerintahan
Libanon menggunakan sistem kabinet dan memiliki sebuah parlemen dengan anggota yang dipilih sedemikian rupa sehingga setiap kelompok agama terwakili. Presiden biasanya orang kristen maronit, perdana menteri orang islam sunni dan ketua dewan perwakilan rakyat orang islam syiah.
F.     Ekonomi
Sampai tahun 1975 ekonomi libanon sangat di tentukan oleh letak negerinya yang menguntungkan dan daya tariknya bagi para wisatawan. Jalur pantai di tanami secara intensif dengan tanaman utama jeruk, pisang dan sayur-sayuran. Dilereng barat pegunungan libanon ditanam terutama zaitun, di samping apel, amandel dan buah-buahan lainnya. Padi-padian,bawang, bit gula, kentang, tembakau dan anggur ditanam di lembah bekaa.
Peternakan sebagian besar di gunakan untuk konsumsi lokal, pertambangan libanon tidak banyak mengandun  mineral, hanya sedikit penambangan biji besi, lignit dan fosfat. Sebelum tahun 1975 libanon merupakan salah satu negara yang paling maju perindustriannya di timur tengah. Industri terpenting adalah industri ringan di bidang tekstil dan bahan makanan.
Krisis politik menyebabkan perdagangan transit di libanon sangat merosot, ekspor sama sekali tidak menutupi impor. Dalam prakteknya program ekonomi libanon sama sekali tidak bisa di harapkan, juga karena situasi politik. Libanon menerima bantuan keuangan yang besar dari negara-negara arab, terutama untuk pembangunan kembali libanon selatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar