singalang mountain

Kamis, 14 Maret 2013

Geografi Regional Kuawit


Kuwait bermula sejak tahun 1740, ketika kota kecil kuwait mulai di huni oleh sejumlah suku Anizah. Tahun 1756, rakyat kuwait memilih emir pertama, karna merasa terancam oleh serbuan dari pedalaman semenanjung arab dan dari Turki, kuwait mencari perlindungan kepada inggris dan menjadi jajahannya dalam tahun 1899. Negeri ini melepaskan diri dari Inggris tahun 1961.
Kuwait adalah sebuah negara di benua eropa dengan ibukotanya kuwait . Sebelah barat dan utara berbatasan dengan irak, sebelah timur berbatasan dengan teluk persia, sementara sebelah selatan dan barat berbatasan dengan arab saudi. Luas negara ini yaitu 17.181 km persegi.
A.    Fisiografi
Sisebelah selatan dataran utama terletak bekas daerah netral yang dikuasai oleh negara kuwait dan arab saudi namun sejak tahun 1996 dibagi menjadi daerah ini bagi menjadi dua. Garis pantainya hanya sepanjang 190 km di sepanjang pantai barat, yang menjorok jauh ke dalam teluk kuwait dan memberikan tempat yang luas serta terlindung bagi pelabuhan kuwait.
Dataran utama kuwait merupakan daerah yang berombak dan disana-sini terpotong oleh pegunungan yang rendah. Tanah ini melandai dari baratdaya ke baratlaut. Sebuah cekungan terdapat di sekitar Wadi Al Batin di saerah perbatasannya dengan Irak. Meskipun permukaan tanah kuwait tampak seragam, namun masing-masing daerah memiliki ciri khas tersendiri.
B.     Iklim
Kuwait mwmiliki iklim gunung subtropis yang khas, dengan musim panas yang sangat panas dan kering, serta musim dingin yang sejuk. Suhu maksimum selama musim panas kadang-kadang naik sampai 50°C, sementara suhu mininimum selama musim dingin kadang-kadang jatuh sampai 0°C.  Curah hujan sangat kurang dan tidak dapat diandalkan. Curah hujan rata-rata hanya 100 mm per tahun, dan kadang-kadang turunnya hanya di tempat tertentu saja. Badai pasir kerap kali terjadi, terutama bulan mei sampai dengan bulan juli.

C.    Flora dan fauna
Tumbuhan di negara ini terutama terdiri dari semak-semak yang tahan terhadap kekringan tapi hijau sepanjang tahun. Di rawa-rawa al adhami yang berair asin hanya semak-semak yang tahan air asin yang masih dapat bertahan hidup. Pohon kurma, akasia, tamarisk, dan pohon-pohon lain yang ditanam umum harus diberi air secara teratur.
D.    Penduduk
Penduduk asli kuwait merupakan keturunan orang anizah, yang pindah ke pantai kuwait dari daerah pedalaman dalam abad ke 18. Sebelum industri minyak memajukan ekonominya, sebagian besar penduduknya hidup mencari ikan, mencari mutiara, dan membuat perahu. Pada mulanya lebih dari separuh penduduk di negara ini terpusat di kota kuwait, tetapi kini penyebaran penduduk sudah cukup merata di seluruh wilayah di negara ini.
Kuwait adalah negara islam. Sebagian besar warganya termasuk aliran sunni. Meskipun demikian terdapat pula kelompok kristen dalam jumlah kecil-kecil seperti protestan, katolik roma, gereja ortodoks, gereja suriah, dan gereja armenia.
Bahasa arab merupakan bahasa resmi meskipun ada juga yang memakai bahasa persia sebagai bahasa utama. Selain itu bahas inggris pun dikenal secara luas dikalangan orang kuwait. pendidikan di negara ini di berika  secara Cuma-Cuma termasuk fasilitas pendidikan untuk orang dewasa, sehingga angka bebas buta aksara di kuwait cukup tinggi di timur tengah.
Pendapatan yang sangat besar dari minyak telah membuat negara ini menjadi sangat makmur dan maju di dunia arab. Pemerintah menggunakan pendapatan dari minyak ini dalam jumlah yang luar biasa untuk kesejahteraan rakyat, sehingga kuwait menjadi negara modern dengan ciri khasnya. Semua penduduk kuwait mendapat pelayanan sosial, program kesejahteraan rakyat yang dijalnkan pemerintah sangat luas meliputi pelayanan kesehatan dan perawatan di rumah sakit secara Cuma-Cuma, perumahan dengan uang sewa yang rendah, mobil pendingin, TV, lemari es, dan hiasan lain yang menunjukkan tingkat kesejahteraan rakyat sudah merupakan hal yang biasa di negara ini. Dengan demikian kemiskinan tidak dikenal.
E.     Pemerintahan
Bentuk pemerintahan kerajaan konstitusional dengan kepala negara seorang emir, yang dipilih oleh dan dari antar anggota dinasti sabah. Emir inilah yang berwenang menunjuk perdana mentri dan mengangkat para mentri yang di pilih perdana mentri tersebut untuk menjalankan roda pemerintahan sehari-hari.
F.     Ekonomi
Kuwait adalah penghasil minyak mentah terbesar ke 5 timur tangah dan memiliki kira-kira 15 persen cadangan minyak dunia.  Daerah industri tidak hanya mencakup pabrik petrokimia dan pengilangan minyak melainkan juga instalasi listrik dan pabrik penyulingan air laut. Cadngan air di kuwait sangat sedikit, bahkan air payau pun tidak cukup untuk mengairi tanah yang dapat dibudidayakan. Untuk mengatasi keadaan ini kuwait telah mengadakan percobaan dan penelitian mengenai budidaya tanaman tanpa tanah dan jenis hewan ternak yang dapat menyesuaikan diri dengan keadaan kuwait. Unggas dan biri-biri bibit unggul telah diperkenalkan. Meskipun demikian negara ini masih terus mengimpor bahan pangan dan hasil pertanian.
Industri perikanan telah dimodernisasi. Hasil udang secara teratur dikirim ke eropa dan amerika serikat. Kuwait memiliki jaringan jalan raya yang sangat bagus. Minyak mentah beserta produk-produknya mencakup sekitar 90 persen dari eksport kuwait. Barang-barang import kuwait meliputi mesin, alat transportasi, barabg hasil industri, dan bahan makanan.
Minyak mentah beserta produk-produknya mencakup 90 persen dari ekspor kuwait. Pembeli utamanya adalah Jepang, Italia, Amerika Serikat, Jerman Barat, Perancis dan Inggris. Barang-barang impornya meliputi mesin, alat-alat transportasi, barang-barang hasil industri dan bahan makanan, negara kuwait masih menjadi pedagang perantara dalam banyak mata dagangan di Teluk Persia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar