singalang mountain

Minggu, 17 Maret 2013

geografi regional Yordania


Negara Yordania sebelumnya bernama transyordania, negara yang lahir dan berdiri pada abad ke-20 M. Tanggal 15 mei 1923 pemerintah inggris menyerahkan urusan pemerintahan transyordania kepada Amir Abdullah I. Pada bulan april 1950, Amir Abdullah I mengubah nama kerajaan transyordania menjad iJordania Alhamsiyah, dan diganti menjadi yordania setelah negara tersebut di pimpin oleh Hussein anak Amir Abdullah. Yordania adalah salah satu negara di asia barat, dengan ibukota Amman, sebelah utara berbatasan dengan suriah, timur laut dengan irak, sebelah timur dan selatan dengan arab saudi dan israel sebelah barat. Dengan luas 89.206 km persegi.
A.    Fisiografi
Kira kira 80 persen negara ini terdiri dari gurun pasir. Di bagian barat alamnya tidak terlalu keras dan tanahnya cukup subur. Di ujung barat laut, lembah yang tersayat oleh s.yarmuk membentuk garis perbatasan dengan suriah dan dataran tinggi golan. Sungai yordan  mengalir melalui sebuah lembah di daerah depresi ghor. Lembah retakan ini berlanjut sampai ke teluk aqabah.
Di seberang jalur sungai yang sempit dan subur ini, tanah tinggi Yordania naik secara tajam hingga mencapai ketinggian 1.754 m di ujung selatan dekat aqaba. di sebelah timur jalan kereta api Hedzjaz, terdapat gurun yang melandai ke arah timur sampai ke Wadi Sirhan.

Dataran tinggi mengalami iklim laut tengah dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang sejuk. Salju kerap kali jatuh dalam bulan desember dan januari di bagian-bagian yang tinggi. Di daerah gurun curah hujan rata-rata kurang dari 100 mm per tahun.


B.      Flora dan fauna
Hutan yang tidak lebat dengan pohon pinus aleppo dan pohon ek yang senantiasa hijau sepanjang tahun masih dapat dijumpai di antara jarash dan aljun, tapi daerah perbukitan di tepi barat telah di huni dan di budidayakan dalam waktu yang begitu lama sehingga tanaman alaminya tinggal sedikit. Sebagian besar tanah yang ditumbuhi semak-semak berduri di sepanjang sungai yordan telah dibuka dan dimanfaatkan untuk budidaya tanaman dengan bantuan irigasi. Jauh lebih ke timur terdapat tumbuh-tumbuhan yang tahan kering. Binatang liar hidup di yordania, terutama di dataran tinggi selatan, diantaranya adalah anjing jakal, kambing ibeks, dan serigala.
C.    Penduduk
Penduduk yordania hampir separuh atau sebesar 3,5 persen merupakan arus pengungsi dari palestina yang berlangsung lebih dari tiga dasawarsa. Berdasarkan cara hidup, penduduk yordania dibedakan atas penduduk kota sekitar 70 persen dari jumlah pendududk seluruhnya, penduduk desa yang sebagian besar hidup dari pertanian, serta pengembara, suku-suku nomad yang umumnya menempati daerah gurun, stepa, dan pegunungan, hidup dari peternakan unta, kambing, dan biri-biri, jumlah mereka sudah jauh berkurang berkat usaha pemerintah dalam memukimkan mereka.
Lebih dari 90% rakyat negara ini menganut agama islam aliran sunni dan kira-kira 4,9% kristen. Bahasa resmi adalah bahasa arab, tetapi bahasa inggris juga banyak digunakan oleh kalangan orang terpelajar, usahawan, dan pejabat pemerintah. Anak anak diwajibkan belajar sekurang-kurangnya 9 tahun.
D.    Pemerintahan
Bentuk negara yordania adalah monarki konstitusional, dengan kapala negara adalah raja dan kepala pemerintahan perdana mentri. Negara ini seluruhnya di bagi atas delapan daerah pemerintahan yang dibagi lagi atas distrik dan subdistrik yang dikepalai seorang pejabat yang diangkat oleh mentri dalam negeri. Kota di urus oleh walikota dan dewan kota terpilih.
E.     Ekonomi
Negara yordania merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi hasil bantuan Amerika Serikat, yordania adalah salah satu negara timur tengah yang miskin akan bahan tambang, sehingga pemerintah yordania harus mengimpor minyak dari negara tetangganya seperti Iraq dan Saudi Arabia.
Negara ini hanya memiliki sedikit sumber daya alam. Cadangan airnya pun tidak mencukupi. Sementara itu laju pertambahan penduduk pesat. Tambahan pula banyak konflik yang dialaminya akibat konflik arab israel.
Sumber utama pendapatan yordania adalah sektor perdagangan dan industri yang masing-masing menyerap lebih dari 10 persen angkatan kerja. Pertanian bukan kegiatan ekonomi penting di yordania. Tanah pertaniannya sempit dan bahkan banyak tanahnya yang paling subur hilang ketika israel menduduki tepi barat. Tetapi daerah baru tepi timur telah ditanami dengan padi-padian serta sayur-sayuran dan daerah-daerah beririgasi di lembah sungai yordan telah diperluas. Barley dan gandum, tanaman padi-padian utama, ditanam di tanah beririgasi. Hasilnya naik turun sesuai dengan banyaknya hujan musim dingin. Tanaman lain yang penting adalah kacang-kacangan, tomat, buah-buahan, dan sayur-sayuran.

2 komentar:

  1. jadi tahu lebih banyak tentang yordania setelah berkunjung di blog super ini...luarbiasa :-)

    BalasHapus